Masa Depan Gabut

Gabut - Chat dan Curhat
7 min readApr 10, 2021

Hi Guys!

Banyak dari kalian pasti bingung nih, kenapa Gabut seminggu ini (dari awal april) maintenance terus ? nah untuk ngejawab kebingungan para Gabuters, disini aku dan tim Gabut akan menjelaskan gimana nasib dan masa depan Gabut.

Sebelum menjelaskan lebih lanjut, Gabut sendiri sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 2017, sejak aku masih SMA. Jika kalian adalah pengguna lama, maka beberapa kalian pasti pernah memakai Gabut saat warnanya masih orange. Gabut diciptakan agar orang-orang bisa mencurahkan isi hatinya secara transparan, karena setiap orang pasti pernah ada di sisi rendah dimana dia harus mengungkapkan apa yang di rasakanya, disitulah tujuan Gabut tercipta agar bisa jadi platform untuk orang mencurahkan isi hatinya tanpa orang lain mengetahui identitasnya, karena banyak skenario jika si A curhat secara face to face ke si B, 80% kemungkinan si B akan membocorkan cerita tersebut ke orang lain. Dan masih banyak skenario lagi yang serupa.

Lalu ke topik utama, kenapa sih Gabut mengalami maintenance yang lama banget akhir-akhir ini ?
Jawabanya adalah karena masalah teknis, tapi bukanlah itu yang menjadi alasan utamanya.

Sudah hampir 3 tahun Gabut menemani kalian, banyak kejadian yang aku dan tim Gabut alami begitupun juga user Gabut. Mulai dari kejadian buruk sampai menyenangkan, seperti yang kalian tahu Gabut berkembang pesat, akan tetapi seiring perkembangan tersebut semakin banyak juga yang melanggar dan menyalah gunakan Gabut.

Tim Gabut sendiri berkomitmen dan selalu bekerja keras akan hal tersebut, kurang lebih 400 report dan ratusan user terbanned, setiap hari. Sampai banyak sekali juga yang mengeluh

“Min banyak yang melanggar tuh, kenapa ga dibanned min ?”

“Min kok yang melanggar lu biarin min” ,

padahal Tim Admin Gabut juga sudah bekerja keras siang malam untuk mengurus user yang melanggar. Gabut sendiri sudah lama menghapus sistem banding, yang berarti akun yang terbanned sudah tidak mengajukan banding lagi, dan banyak juga yang mengeluh

“Min kok akun gua kebanned, padahal gak ngapa-ngapain ?”

“Halah min nulis *** aja kebanned”

perlu diketahui bahwa user terbanned karena memang melanggar, pihak Gabut tidak pernah membanned secara acak atau asal.

Meskipun begitu jumlah user Gabut yang menggunakan Gabut sesuai tujuanya juga banyak, salah satunya ada yang mengirim email bahwa dia menemukan pasangan hidupnya dari Gabut. Kamu bisa melihat foto dibawah.

Tidak tahu itu benar terjadi atau bukan, jika memang iya, Selamat menempuh hidup baru ya!

Seperti yang aku bilang sebelumnya, meskipun Gabut berkembang pesat, tapi tidak diseimbangi dengan pendapatan Gabut itu sendiri.

Semenjak COVID-19 tahun kemarin, lebih tepatnya semenjak bulan Maret 2020, Gabut sudah berhenti meraih keuntungan bersih yang dimana pendapatan Gabut sendiri habis untuk membiayai maintenance serta server.. bahkan kurang, bahkan untuk membayar para Admin, aku harus merogoh uang pribadi. Perlu diketahui bahwa semenjak Covid-19 menyerang, banyak pengiklan yang menurunkan biaya iklanya, bahkan menutup iklanya seperti kasus iklan traveling dan sebagainya karena traveling sendiri saat situasi Covid-19 tidak bisa berjalan, itulah yang membuat pendapatan Gabut jadi menurun drastis dan merugi selama pandemi — sampai sekarang.

Aku sendiri tidak masalah akan hal itu karena awal aku membuat start-up ini karena penuh dengan kasih sayang , akan tetapi hal ini berlangsung sampai hari ini datang.

COVID-19 banyak membuat start-up/media jadi jatuh.. salah satunya adalah Asian Boss https://www.youtube.com/watch?v=CgoSDj6AQGc mereka menjadi media yang terkena dampak COVID-19.

Membangun sebuah start-up adalah sebuah gambling yang menakutkan, karena kalau gagal atau terkena dampak buruk dari suatu event seperti covid-19 itu benar benar membuat kita stress, sudah 1 tahun lebih Gabut mengalami kerugian, dan satu persatu Admin Gabut juga pergi. Ini benar benar situasi yang jujur membuat aku sedih, awalnya memang bisa handle tapi makin kesini seperti tidak ada titik terang karena situasi covid juga belum jelas kapan selesainya. This is so stressfull you guys.

Dan dengan masalah teknis kemarin, situasi pun makin buruk. Tim harus menentukan pilihan yang sulit, apakah tetap lanjut dan mengalami kerugian yang semakin dalam atau memilih pilhan lain ?
Setelah berunding beberapa hari pun, pilihan sudah ditentukan, dengan kondisi finansial yang makin buruk akibat covid-19, Gabut memutuskan untuk vakum sementara (Untuk beberapa user masih bisa mengaksesnya, tapi tidak semuanya) kami terpaksa melimit akses untuk meringankan biaya pengeluaran.

Min kenapa gak cari investor saja ? kan banyak tuh startup yang bakar duit karena investornya banyak.
Masalahnya adalah, aplikasi seperti Gabut ini jarang diminati oleh investor karena profitnya sangat minim untuk digali, begitupun kami dapat berkontak dengan investor, deal pun tidak tercapai karena salah satu kesepakatanya adalah sang investor berhak menggunakan data pengguna untuk kepentingan 3rd party yang dimana itu diluar keinginan Gabut, karena Gabut berkomitmen menghargai kegunaan data para user dan tidak digunakan untuk kepentingan pihak ketiga.

Terus kelanjutanya gimana min ?
Surprise! selama 2 tahun terakhir, tim Gabut secara diam-diam telah mengembangkan Gabut V2!

Bedanya apa nih min, upgrade minor doang ?
No, tidak sama sekali, ini termasuk upgrade major, Gabut V2 ini dibikin dengan pondasi baru dari 0 dan tidak menggunakan metode Gabut lama, which mean, dari sisi performa Gabut V2 akan lebih unggul dari sesepuhnya. Contoh kecil adalah, untuk fitur chat nanti di Gabut V2 sudah mengaplikasikan real time chat yang dimana jika ada chat baru bakalan keliat bubble yang belum di pencet. Secara garis besar, Gabut V2 ini tetap full anon akan tetapi dimaksimalkan agar user semakin nyaman menggunakanya.

Udah, performa saja min, tidak ada fitur baru ?
Ohh tentu saja ada, banyak banget fitur barunya yang bakal bikin betah user berGabut ria, salah satunya adalah fitur Story/Thread. Kami lihat banyak antusias dari user Gabut untuk sharing cerita panjang, hal terbaik yang kami bisa lakukan adalah memberikan apresiasi dengan memberikan fitur Story/Thread agar kamu bisa menceritakan kisahmu yang panjang dengan nyaman. Fitur lainya masih kita rahasiakan.

Bisa bisikin dikit gak min contohnya ?

Kami crop karena ada fitur yang harus kami tutup, agar user tetap penasaran.

Terus kapan nih min rilisnya Gabut V2?
Itu yang belum kami bisa jawab, dengan status Gabut yang financialy disabled selama masa covid sangatlah susah membuat estimasi perilisan, rencana perilisian awal adalah akhir tahun 2020 akan tetapi dengan kondisi seperti ini, sampai sekarang pun susah direalisasikan.

Dengan ini, kami ingin mengikuti jejak seperti Asian Boss yaitu membuka halaman donasi atau crowd funding untuk menyelamatkan Gabut dan untuk merealisasikan perilisan Gabut V2. Meskipun aku sendiri termasuk orang yang tidak suka meminta seperti ini namun bagaimana lagi, ini adalah cara yang paling tepat untuk saat ini.

Perlu diketahui bahwa donasi ini bersifat seikhlasnya dan tidak dipaksakan sama sekali. Hasil donasi semuanya akan dialokasikan untuk budget Gabut V2.

Kalau donasi nanti dapat apa min ?
Donasi bersifat opsional dan seikhlasnya, akan tetapi kami akan memberikan treatment khusus untuk donator dan donator tertentu.
Semua donator nanti akan kami invite ke Discord channel kami, disitu kamu bisa melihat perkembangan Gabut V2.

Untuk donator diatas 50K , akan mendapat paket spesial:
* 1 Bulan Premium (Unlimited Chat, Dark Mode, and more)
* Super Limited Sticker (Supporter Edition) ini hanya tersedia untuk para supporter (donatur)
* Supporter Credit (Namamu nanti muncul di halaman Supporter yang ada didalam Gabut V2)
* Special Role di discord
* Early Access (Kamu bisa ikut mencoba Gabut V2 lebih duluan dibanding yang lain)

Jika kalian minat untuk memberikan donasi, kami menggunakan 2 platform donasi Indonesia yang gampang kamu gunakan, kamu bisa memilih salah satu.

Saweria: https://saweria.co/gabutchat
Trakteer: https://trakteer.id/gabutchat

Silahkan pilih yang sesuai keinginanmu, jangan lupa untuk memberikan username discord (kamu bisa skip ini jika tidak mau bergabung di discord), dan jika kamu berdonasi diatas 50K kamu bisa memberi nama yang akan dicantumkan untuk supporter credit (kamu juga bisa skip ini jika tidak mau). Jangan lupa untuk menginfokan email kamu ya karena untuk mengabari jika Gabut V2 akan dirilis serta claim Paket diatas. Tenang saja semua informasimu dijamin kerahasiaanya oleh Saweria atau Trakteer, kamu juga bisa memberikan donasi secara anonimous.

Sekian dan terimakasih para Gabuters, semoga kalian sukses dan sehat selalu.

FAQ:
Min kenapa Gabutnya gak ada di Playstore ya ?
Sebenernya masih ada, cuman kita limit karena tidak ingin user baru yang mendaftar mengalami error jadi kita limit sementara sampai Gabut V2 di rilis. Hal limit ini juga dilakukan demi menghemat pengeluaran. Limit ini hanya sementara, setelah Gabut V2 dirilis, limit akan dilepas.

Gabut V2 sudah berapa persen min perkembanganya ?
Sampai sekarang sudah sekitar 80%, jumlah donasi akan berpengaruh dalam berapa lama Gabut V2 akan dirilis. PENTING! Disarankan untuk tidak uninstal Gabut yang sekarang ya, karena info update nanti dilakukan dari sana, jadi buat kamu yang masih install Gabut, mohon jangan di uninstall.

Kalau Gabut V2 sudah dirilis, nanti data di Gabut lama bakalan ilang min?
Yup, mohon maaf ya akan tetapi demi kemajuan Gabut sendiri kami sudah susah payah agar data yang lama bisa dipakai di Gabut V2, akan tetapi hal itu akan makan waktu banyak banget karena Gabut lama sama Gabut V2 ini berbeda pondasi. Jadi Gabut V2 adalah sebuah lembaran hidup bagi kamu. Tapi tenang, Gabut V2 masih full anon kok.

Min bagaimana bagi yang pengen donasi tapi tidak punya Discord ?
Kami menggunakan Discord untuk berkomunikasi dengan supporter, jadi kamu bisa download Discord, gampang kok. Kalau mau skip juga tidak apa, cukup infokan emailmu nanti kita kabari jika Gabut V2 akan dirilis.

Min kalau mau donasi saja tanpa perlu masuk ke discord bisa ?
Bisa. Tinggal tidak perlu memasukan username discord.

Min cara mengetahui username di discord bagaimana ?
Untuk itu kamu bisa Google yap, banyak jawabanya.

Min udah donasi kok belum di inv ke discord ?

Mohon sabar ya karena sampai post ini di rilis, channelnya baru dibuat, tunggu sekitar 2–3 hari sejak artikel ini di post.

Jangan lupa untuk follow Instagram kami di https://instagram.com/gabutchat atau Twitter https://twitter.com/gabutchat

--

--