Gabut V2 Beta Test dibuka!

Gabut - Chat dan Curhat
9 min readJan 23, 2022

Hi Gabuters, lama tidak berjumpa. Akhirnya pengumuman yang ditunggu-tunggu datang juga, yaitu tentang Gabut V2. Sudah setengah tahun Gabut hiatus dari internet dan ini saatnya aku ngasih pengumuman penting.

Apa sih Gabut itu? dan kenapa harus ada Gabut V2?

Awal Gabut di buat yaitu simple, untuk menampung dan membantu orang-orang yang memang Gabut dan butuh platform curhat yang nyaman bagi semua individu maka dari itu semua curhatan di Gabut dibungkus dengan konsep anonim. Sebenernya aku udah sering ngemention perihal hal ini di artikel-artikel sebelumnya.

Kenapa harus ada Gabut V2, karena seperti manusia.. Gabut juga butuh berevolusi menjadi lebih baik, lebih nyaman dan lebih asyik juga tentunya buat Gabuters. Inget gak sih di Gabut lama kalau scroll timeline pasti suka kepotong? terus chatnya juga ga ada bubble nya jadi bingung mana nih yg baru? nah kekurangan-kekurangan itulah yang menjadi kiblat aku untuk membuat Gabut V2 eksis, tentunya dengan dibarengin improvisasi di berbagai hal.

Mulai saat itulah Gabut V2 mulai dikerjakan, dengan budget yang kuambil dari semua pemasukan Gabut V1 yang seadanya, sama beberapa tabungan pribadi juga sebenernya.

Apa aja sih yang ada di Gabut V2? dan apa bedanya dengan V1?

Bedanya? banyak banget, akan tetapi fungsi utama yaitu tetap sama, menjadi app anonim yang tentunya… tetap anon dong.

* New Post System!

Selamat tinggal model post lama, post model baru bakal menemani Gabuters kedepanya. Lebih jelas, lebih authentic, lebih seru! Post model baru terinspirasi dari konsep surat yang di balut dengan elemen modern serta di bungkus dengan minimalis.

Pihak Gabut sadar, banyak dari kalian yang suka dan seneng pake banget bacain TL kan ya? nah pernah dong nemu Post yang gajelas arahnya kemana? maka dari itu Post model terbaru diciptakan, agar Gabuters lebih gampang, lebih nyaman dan lebih jelas nyampain/bacain curahan hati yang ada di Gabut.

Nih mimin kasih contoh cara gunain model Post baru yang gampang pake banget:

Misal kamu lagi galau karena abis diputusin dan pengen minta saran kepada Gabuters, kamu tinggal aja nulis kayak gini.

Atau jika kamu lagi gabut terus pengen nyari teman mabar, tinggal post aja kayak gini.

Atau lagi, jika kamu abis ketemu cewek cantik tapi malu ungkapin atau bingung mau sharing dimana, tinggal ngepost aja di Gabut kayak gini.

Dan banyak lagi Skenario yang bakal bikin seru dengan model Post baru ini, aku yakin para Gabuters bakal kreatif banget buat mengungkapkan curahan dan kreatifitas mereka. Unlock your creativity with our new Post model!

* Welcome Thread, Bye-bye Room!

Banyak kan Gabuters yang suka baca atau bikin cerita di Room? nah buat kalian yang hobi baca cerita pendek ataupun bikin, Thread adalah fitur yang sangat cocok bagi kalian. Thread dibikin untuk gantiin posisi Room, tentunya dengan banyak perubahan serta penyesuaian, salah satunya adalah tempat. Sekarang Gabuters jauh lebih gampang jika ingin membuat maupun membaca Thread, dari Timeline kamu tinggal klik tulisan Thread di tab paling atas dekat tulisan Post, maka Timeline kamu yang sebelum berbentuk Post makan akan berubah jadi Thread.

Di Thread kamu bisa share cerita kamu sepanjang apapun, mau sampe 100 story? bisa! 1000 story? bisa banget! Misal kamu ingin share pengalaman horror kamu, tinggal klik tombol pena bulu terus isi judul dan isi Threadnya, begitupun Category nya yap, jan lupa Thread yang kamu bikin harus sesuai Community Standards dan Thread Rules Gabut, udah gitu aja… sisanya jika kamu ingin lanjutin Thread kamu, tinggal klik halaman Threadnya terus isi lanjutanya. Gamps bats kan?

Teruntuk yang suka baca cerita, fitur Thread jg bakal jadi mainan fav kamu nih! gampang banget nyari cerita lho! Misal kamu pen nyari cerita horror, tinggal aja klik Category Horror, atau kamu pengen nyari dengan kata kunci judul tertentu? bisa pake fitur search, di search juga nanti ada list Search yang lagi trend lho! wow keyen.

* New Chat System!

Gak bohong, fitur chat lama Gabut memang banyak kekurangan, dan itu emang jadi PR aku udah lama kok. Mulai dari sistem chatnya yang boros, terus user juga terlalu banyak kebebasan jadinya banyak yang melakukan “spamming” di fitur Ask Chat, terus bubble chat juga kaga ada.. jadi bingung mana chat yg baru mana yang lama.

Maka dari itu di Gabut V2 ini selain ada improvisasi dari sisi sistem chat, model Ask Chat nya juga di sesuain dengan banyakanya user yang komplain tentang chat di Gabut yang gampang banget untuk buat room chat. Sekarang jika kamu melakukan “Ask Chat” kamu gak langsung lari ke Room Chat kayak di Gabut V1, jika kamu Ask Chat, sekarang kamu harus nulis alasan “Kenapa sih user yang kamu Ask harus menerima chat kamu?” kamu bisa isi dengan gombalan atau isi tentang apa yang ingin kamu bahas, apa aja deh sekreatif kamu asal gak langgar Community Standards nya Gabut, jika kamu sudah nulis request kamu, kamu juga bisa menghiasi request tersebut dengan Prangko dan Sticker biar doi makin kepincut ea, kalau sudah siap semua, kamu tinggal kirim deh request kamu dan tunggu di accept apa di reject sama doi, dengan cara begini, user yang menerima request juga bisa memfilter mana aja request yang harus dia Accept.

Dengan sistem request begini, gak ada lagi deh user yang tiba-tiba chat gajelas terus ngeganggu user lain. Kegiatan nge-Gabut kamu menjadi nyaman dan jauh dari gangguan chat yang tiba-tiba. Dan jika ada orang request juga kamu bisa memilih mana yang cocok, jika gak cocok kamu bisa Reject request-an mereka.

Nah jika kamu mau Ask Chat, mungkin keliatan ribet? gak banget kok, ini tuh gampang banget, nih mimin kasih contoh:

Katakanlah kamu ingin Ask Chat Post yang kamu suka, kamu tinggal klik “Ask Chat” deh, terus kamu isiiin request kamu, pilih Prangko kesukaanmu, bisa sih pilih Sticker tapi jika tidak punya Sticker, gak di isi gapapa. Abis itu Pilih Sent deh! tunggu respon dia, kalau request kamu di Accept maka nanti akan muncul Room di chat list kamu, dan boom kamu udah bisa mulai melakukan percakapan. Berikut versi gambarnya.

Gampang banget kan?

* Better User Experience!

Sekarang makin seru dan nyaman dengan UX yang baru di Gabut, tim Gabut bekerja keras agar Gabuters merasa nyaman dan seru saat menggunakan Gabut. Salah satu contohnya adalah dengan adanya Editor Pick’s, user jadi gak perlu repot-repot nyari Post dan Thread yang layak dibaca.

* Better User Interface!

App yang bagus tidaklah ada artinya jika tampilanya biasa aja, maka dari itu Gabut V2 merombak tampilanya dengan bagus tapi tidak mengurangi ciri khas Gabut itu sendiri. Mengusung ide Simple, Clean and Modern dan di komandoi oleh designer ternama.. UI Gabut di dominasi warna background putih pudar dan putih solid dipadukan dengan warna icon biru ke dark ungu-an. Jangan lupa, di Gabut V2 juga ada Dark Mode lho! makin seru dan nyaman deh ya kalau mau nge-Gabut.

* Prangko dan Sticker

Prangko melakukan debut nya di Gabut, sedangkan Sticker ya seperti yang dulu, bedanya Sticker yang baru banyak diskon dan pilihanya!

Prangko sendiri adalah menjadi item yang wajib di Gabut, kegunaanya adalah menjadi item wajib saat kamu bikin Post, Thread, maupun Ask Chat. Saat kamu daftar Gabut, kamu sudah mendapat Prangko gratis yang bisa kamu gunakan untuk kegiatan di Gabut. Akan tetapi jika kamu pengen koleksi atau mempercantik Prangko kamu, kamu bisa beli Prangko berbayar yang ada di Store.

* New Block System!

Pernah kan kamu bikin Post tapi yang respon nyebelin banget? rasanya pengen seleding aja kan ya biar comment jahat nya hilang. Tenang! di Gabut V2 ada fitur seleding user yang di bungkus dalam mode Block, gampangnya gini.. jika kamu lagi ngepost minta saran tapi yang ngomen ngeselin banget, kamu bisa deh block dia, terus nanti setelah di block… Boom Comment dia di kamunya hilang.. dia gak bisa comment atau interaksi sama kamu lagi, kamu juga gak bisa lihat semua content dia.

Gak hanya di Comment, semua content di Gabut yang bisa di block bakalan auto menyeleding targetnya lho. Jika kamu melihat Post, Comment atau Reply bahkan Thread yang melanggar, kamu tinggal Block aja gengs. Dan buat yang suka bikin konten yang melanggar Community Standards nya Gabut, awas kalau di seleding banyak orang nanti Timeline kamu sepi lho. Maka dari itu kuy bersama-sama membuat Gabut menjadi komunitas yang nyaman dengan menyebarkan positive vibes!

* More!

Sebenernya masih banyak lagi sih seperti New Report System, New Notification System, dll, tapi sisanya nanti kamu explore sendiri yap.

Kenapa sih harus ada Premium dan Free? dan apa bedanya?

Yang pasti, Gabut adalah platform yang diciptakan oleh manusia ya bukan turun dari langit.. yang dimana dari proses pembuatan sampai proses perawatan butuh usaha, uang dan tenaga yang banyak. Maka dari itu sistem Premium dibutuhkan untuk cover biaya pembuatan dan perawatan Gabut itu sendiri, bahkan untuk improvisasi Gabut. Walaupun ada Premium, bukan berarti Free user di anak tirikan, Free user tetap asyik gunain Gabut kok.

Gambar dibawah adalah grafik perbedaan Free VS Premium.

Terus jika ada yang bertanya, kenapa benefit Premiumnya dikit banget min?

Jawabanya adalah, sebenernya itu bukan dikit tapi emang dari Tim Gabutnya tidak mau memaksakan untuk membatasi hal yang seharusnya tidak perlu dibatasi hanya karena untuk menambahkan benefit Premium, itu akan merusak hak Free user yang berhak merasakan kebahagiaan juga di Gabut. Tim Gabut hanya mengambil fitur yang memang penting saja untuk di konversi ke Premium.

Kenapa sih Gabut hiatus segala? kenapa selama itu?

Yang baca artikel sebelumnya pasti paham, Gabut hiatus karena merugi semenjak Covid hit the world, yup semenjak sekitaran Maret 2020 Gabut sudah tidak mendapat keuntungan bersih, semua pendapatan habis untuk perawatan, baik server maupun biaya SDM. Gabut hiatus mulai sejak Mei 2021, yang dimana Gabut udah merugi dan mencoba survive selama kurang 2 tahun dan itu adalah hal yang sangat-sangat bikin stress untuk sekelas startup kecil dengan demand yang besar seperti Gabut.

Bangkrut atau mengalami kerugian semenjak Covid sudah bukanlah hal aneh, banyak startup yang gulung tikar karena hal ini, salah satunya yang aku tau kalau dari lokal, aku lupa nama aplikasinya tapi tentang baca komik lokal gitu. Poinya adalah, dari awal 2020 sampai Gabut hiatus (Mei 2021) aku dan Tim Gabut sudah banyak berusaha semaksimal mungkin agar Gabut tetap bisa survive dan menghibur kalian, mulai dari rogoh budget pribadi sampai mengadakan galang donasi. Trust me, ngajak survive karya yang kamu bikin di kondisi pandemi gini itu bikin stress banget, jadi mohon maaf jika Gabut hiatus lama.

Open donasi saat Mei dulu dapat antusias yang bagus dari para Gabuters, walaupun masih jauh dari target akan tetapi donasi kalian berapapun itu sangat berarti banget bagi kami dan melihat keperdulian seperti itu menjadi booster sendiri bagi Tim Gabut.

Terus, kapan min Gabut V2 bisa dicoba Beta nya?

Sebenernya mulai sekarang bisa sih, akan tetapi karena donasi pertama belum mencapai target, kita hanya buka Beta Test hanya untuk donatur saja, dan jika kalian ingin coba Gabut V2, kalian bisa berdonasi hanya dengan minimal 25k.

Tenang, kalian jika berdonasi akan dapat reward, yaitu we double your donation! yang artinya jika misal kamu donasi 100k, maka kamu akan dapat 200k (dalam bentuk in-app currency). Jadi gampangnya, 200k kamu di konversi ke Premium dan Coin, karena Premium harganya 10k/bln dan 100 coin harganya 10k maka kamu akan dapat 12 Bulan Premium + 800 coin. (dengan total value 200k) dan kamu bisa dapatkan hanya dengan donasi 100k.

Ini akan menjadi open donasi yang kedua dan nampaknya jadi donasi yang terakhir kalinya, semua hasil donasi yang masuk tetap akan di konversi ke uang khas Gabut yang gunanya untuk perawatan dan perkembangan serta menjadi dana surive Gabut V2. Kalian tetap gak diwajibkan untuk donasi lho ya, ini untuk yang memang benar-benar ingin saja.

Jika kalian minat, kalian bisa donasi lewat link dibawah:

Saweria: https://saweria.co/gabutchat

Trakteer: https://trakteer.id/gabutchat

Kalian bebas pilih yang mana. Jangan lupa sertakan ID Discord kamu ya agar aku bisa invite kamu ke Discord Gabut. untuk cara mengetahui ID Discord, kamu bisa googling. Dan untuk kamu yang udah donasi sebelumnya, dan belum di invite ke Discord silahkan DM IG @gabutchat atau email ke gabuthelp@gmail.com

Untuk menutup pengumuman ini, well idk what to do, mungkin berterima kasih lagi kepada kalian yang nyempetin baca maupun yang udah donasi, kalian adalah komunitas yang luar biasa lho, perduli banget sama karya seperti Gabut.

Dan terakhir, kapan Gabut rilis di Playstore ? karena ini udah tahap beta, artinya tinggal bentar lagi.

--

--